Surat Utang - Penyelesaian

​Jangka waktu penyelesaian transaksi surat utang yang dilakukan di Pasar Reguler adalah dua hari bursa setelah dilakukannya transaksi bursa (T+2). Sedangkan, untuk transaksi di Pasar Negosiasi, jangka waktu penyelesaiannya antara T+1 sampai dengan T+7. Pada proses pemindahbukuan uang, terkait penyelesaian transaksi milik Anggota Kliring Efek Bersifat Utang (AK-EBU) maupun nasabahnya dilakukan dari Rekening Depositori ke Rekening Penyelesaian KPEI dan sebaliknya. Sementara itu, untuk proses pemindahbukuan efek surat utang, penyelesaian transaksi AK-EBU dilakukan dari Rekening Depositori ke Rekening Penyelesaian KPEI, sedangkan penyelesaian transaksi milik nasabahnya dilakukan dari Rekening Sub Rekening Depositori ke Rekening Penyelesaian KPEI, dan sebaliknya. Jika penyelesaian dilakukan oleh Agen Penyelesaian, maka rekening sumber atau rekening tujuan berasal dari Rekening Depositori Agen Penyelesaian.

Ketika metode kliring yang dipilih adalah netting, pemenuhan kewajiban berupa uang dan atau efek surat utang ke KPEI diserahkan paling lambat pukul 12.00 WIB, dan hak berupa efek surat utang atau uang akan diterima selambat-lambatnya pukul 15.00 WIB. Sementara itu, untuk metode kliring per-transaksi, pemenuhan hak dan kewajiban dilakukan pada pukul 15.00 WIB.

Jika AK-EBU tidak dapat memenuhi kewajiban penyelesaian transaksi bursa (baik melalui netting maupun per-transaksi) kepada KPEI, maka status AK-EBU tersebut menjadi gagal bayar. AK-EBU  gagal bayar tersebut diberi waktu tambahan untuk dapat menyelesaikan kewajibannya dengan cara melakukan proses renegosiasi dengan AK-EBU lawan selambat-lambatnya jam 17.00 WIB pada tanggal penyelesaian. Jika hal ini tidak dilakukan atau proses negosiasi tidak berhasil dilakukan, maka KPEI memberlakukan mekanisme Nilai Penyelesaian Final (NPF). NPF merupakan nilai kompensasi kegagalan, dengan formual sebagai berikut :

Di bawah ini tersaji alur penyelesaian transaksi efek bersifat utang :

Untuk Peraturan KPEI Nomor V-1 yang mengatur tentang Kliring dan Penjaminan Penyelesaian Transaksi Efek Bersifat Utang dapat dilihat disini.