Surat Utang - Keanggotaan dan Strukur Rekening

Partisipan yang dapat melakukan order, transaksi, kliring sampai dengan proses penyelesaian transaksi surat utang adalah Anggota Kliring Efek Bersifat Utang (AK-EBU), baik untuk kepentingan pesanan AK-EBU yang bersangkutan maupun nasabahnya.  Khusus terkait kegiatan penyelesaian, nasabah juga dapat menggunakan Agen Penyelesaian yakni Bank Kustodian, untuk menjalankan pemenuhan hak dan kewajiban dari atau kepada KPEI. Selanjutnya, AK-EBU wajib melakukan konfirmasi kepada KPEI terkait penunjukkan Agen Penyelesaian, sebaliknya Agen Penyelesaian tersebut perlu melakukan afirmasi kembali.

Untuk menjadi AK-EBU, calon partisipan diwajibkan menandatangani perjanjian keanggotaan dan aplikasi pendaftaran yang telah tersedia di website KPEI. Sedangkan, untuk mengetahui ketentuan bagaimana menjadi Anggota Kliring KPEI, dapat klik di sini atau Peraturan KPEI Nomor II-3 yang mengatur tentang keanggotaan KPEI dapat dilihat di sini.

Untuk melakukan pemindahbukuan efek dan atau uang, AK-EBU memiliki Rekening Depositori (Rekening 001) sedangkan nasabah AK-EBU mempunyai Sub Rekening Depositori (Sub Rekening 001).