Pemantauan Risiko

      1. Pemantauan Trading Limit

KPEI melakukan pemantauan kecukupan nilai Trading Limit Anggota Kliring (AK) berdasarkan agunan AK dan risiko dari transaksi bursa yang dilakukan sampai dengan waktu penyelesaian. Apabila nilai risiko AK melebihi nilai agunannya, maka KPEI dapat meminta AK untuk melakukan penambahan agunan (margin call) sampai agunannya positif dan dapat menutupi nilai risiko AK tersebut. 
KPEI melakukan pemantauan Trading Limit AK melalui sistem RAZOR dan Member Interface. Sistem Razor membantu KPEI melihat nilai Trading Limit AK yang bergerak sesuai dengan hasil perhitungan agunan dan risiko setelah proses post trade. Sedangkan Member Interface membantu KPEI melihat nilai limit yang masih dapat digunakan (available limit) AK untuk bertransaksi di BEI. 

      2. Pemantauan Early Warning System (EWS) Datawarehouse

Salah satu alat untuk memantau risiko yang digunakan KPEI adalah sistem Datawarehouse. Melalui sistem datawarehouse, KPEI membuat laporan secara harian yang digunakan sebagai EWS. Laporan-laporan tersebut dipantau dan digunakan sebagai data pendukung dalam menentukan profil risiko AK maupun saham.

a. Laporan Transaksi AK

KPEI memantau transaksi AK melalui laporan transaksi AK asing, laporan transaksi AK dengan risk charge 0% dan laporan transaksi AK dengan risk charge >0% untuk memastikan bahwa agunan AK mampu menutupi risiko dari transaksi bursa yang dilakukan.  

b. Laporan Transaksi Saham

KPEI melakukan pemantauan transaksi saham berdasarkan nilai haircut dan nilai transaksi tertentu untuk memastikan bahwa transaksi pada saham tersebut wajar dan tidak berisiko tinggi. 

c. Laporan Agunan 

KPEI melakukan pemantauan agunan dengan melihat nilai tertinggi negative free collateral milik nasabah AK.  Pemantauan agunan bertujuan untuk memastikan bahwa agunan AK yang ditempatkan di KPEI tidak berlebihan (sesuai perhitungan nilai risiko) dan dapat menutupi risiko nasabahnya.  

d. Laporan Kecukupan Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD)

KPEI melakukan pemantauan kecukupan nilai MKBD AK dan melihat kelebihan atau kekurangan nilai MKBD AK setiap harinya untuk memastikan bahwa nilai MKBD AK tidak dibawah batas yang ditetapkan dan masih dapat menutupi transaksi yang dilakukan.

e. Laporan Kesesuaian Portofolio

KPEI melakukan pemantauan kesesuaian nilai portfolio yang dilaporkan AK melalui Situs Pusat Pelaporan (SPP) Portofolio AB dengan nilai portofolio yang dilaporkan AK melalui SPP MKBD. Pemantauan bertujuan untuk memastikan bahwa Laporan Portofolio yang dilaporkan melalui SPP Portofolio AB dengan nilai portofolio yang dilaporkan AK melalui SPP MKBD tidak memiliki selisih.

      3. Pemantauan Efek Tidak Dijamin (ETD)

Setiap bulannya, KPEI bersama dengan BEI menetapkan ETD berdasarkan persyaratan tertentu yang penyelesaian transaksinya tidak dijamin. Apabila terdapat efek yang memenuhi kriteria sebagai ETD walaupun tidak ada daftar ETD pada bulan yang bersangkutan, KPEI tetap melakukan pemantauan terhadap efek yang bersangkutan untuk menghindari terjadinya indikasi transaksi yang tidak wajar, berisiko tinggi dan atau membahayakan integritas pasar melalui Laporan Pemantauan ETD.