Kontrak Opsi Saham - Penyelesaian

Pemenuhan hak dan kewajiban atas transaksi Kontrak Opsi Saham (KOS) terbagi menjadi 2, yakni penyelesaian secara tunai dan fisik. Penyelesaian secara tunai dengan uang dilakukan pada hari bursa berikutnya setelah transaksi dilakukan (T+1) sebesar nilai premium. Penyelesaian ini dilakukan melalui Bank Pembayaran yang ditunjuk oleh AK bersangkutan. Yang kedua, penyelesaian secara fisik dilakukan apabila terjadi transaksi exercise/assignment, yang waktu penyelesaiannya pada hari bursa ke-2 setelah transaksi dilakukan (T+2), serta transaksi tersebut di netting dengan transaksi ekuiti.

Untuk penyelesaian secara tunai, dilakukan pemenuhan kewajiban serah dana dengan pemindahbukuan uang dari Rekening Agunan dan atau Rekening Penyelesaian AK ke Rekening Penyelesaian KPEI pada pukul 12.30 WIB. Sedangkan, pemenuhan hak terima dana AK dari KPEI dilakukan dengan pemindahbukuan uang ke Rekening Agunan dan atau Rekening Penyelesaian AK selambat-lambatnya pukul 14.30 WIB. Proses penyelesaian transaksi premium ini dilakukan di Sistem Kliring dan Penyelesaian Derivatif. Sementara itu, data transaksi exercise/assignment akan dikirim ke sistem EAE untuk di netting dengan transaksi ekuiti dan diselesaikan secara fisik. Proses, mekanisme dan waktu pemindahbukuan efek dan atau uang akibat transaksi exercise/assignment akan mengikuti transaksi ekuiti di sistem EAE.

Jika pada waktu penyelesaian, AK tidak dapat memenuhi kewajibannya karena ketidakcukupan dana di Rekening Jaminan, maka KPEI berhak menggunakan Dana Pengaman yang dimiliki AK bersangkutan. Namun, jika Dana Pengaman yang dimiliki AK juga tidak mencukupi, maka AK tersebut dinyatakan gagal bayar. Selanjutnya, AK wajib menutup posisi terbuka milik nasabah maupun AK bersangkutan dengan menyelesaikan kontraknya dengan posisi berlawanan, baik itu jual maupun beli KOS (disebut transaksi saling hapus) atau dengan mengalihkan posisi terbuka yang dimiliki nasabahnya ke AK lain.  

Peraturan KPEI Nomor IV yang mengatur tentang Kliring dan Penjaminan Penyelesaian Transaksi Opsi Saham dapat dilihat di sini.