Kontrak Opsi Saham - Kliring

Terdapat 2 (dua) enis produk derivatif yang ditransaksikan di BEI, salah satunya adalah opsi. Opsi adalah kontrak antara dua belah pihak yang berisi hak bagi si pembeli opsi untuk membeli atau menjual aset yang mendasari kontrak tersebut (underlying asset) pada waktu dan harga yang disepakati bersama di awal. Opsi yang diperdagangkan di BEI yaitu Kontrak Opsi Saham (KOS). Sesuai dengan namanya, aset yang mendasari kontrak tersebut adalah saham.  Untuk saat ini tidak seluruh saham yang terdaftar di BEI menjadi underlying asset. Hal ini disebabkan karena adanya pertimbangan volatilitas atas harga saham yang menjadi underlying asset.

Produk KOS memiliki komponen-komponen utama yang dijabarkan di bawah ini:

a.  Underlying
  Underlying adalah aset yang menjadi dasar KOS, dimana saat ini adalah saham TLKMINDFASII, dan BBCA.
b.  Writer
  Taker berarti pembeli Opsi dan Writer berarti Penjual Opsi. 
c. Exercise Assignment
  Pembeli opsi (taker) memiliki hak untuk menjual atau membeli aser saham kepada penjual opsi (writer) pada harga yang telah disepakato dan sampai jatuh tempo tertentu. Pembeli opsi yang menjalankan haknya disebut exercide. Jika terjadi exercise, maka writer wajib untuk memenuhi hak taker atau dengan istilah lain memenuhi assignment karena writer sudah menerima premium
d. Premium
  Harga KOS disebut Premium. Premium wajib dibayarkan oleh pembeli Opsi (tanker) dan diselesaikan pada T+1 melalui KPEI kepada penjual Opsi (Writer)
e. Strike Price
  Harga yang disepakati untuk membeli atau menjual saham antara taker dan writer pada waktu tertentu sebelum kontrak jatuh tempo.
f. Multiplier
  Multiplier adalah faktor pengali satu kontrak menjadi suatu nilai rupiah tertentuKOS memiliki multiplier sebesar 10.000 yang berarti satu KOS yang mewakili 10.000 lembar saham jika seorang melakukan exercise
g. Initial Margin 
  Initial Margin (Marjin Awal) atau Pre-Order Risk adalah sejumlah uang yang wajib dimiliki oleh Anggota Kliring (AK) agar dapat melakukan pesanan atas setiap transaksi KOS.

KOS jenis Call memberikan hak (bukan kewajiban) kepada pemegang opsi (taker) untuk membeli  saham. Sebaliknya, KOS jenis Put memberikan hak (bukan kewajiban) kepada pemegang opsi (taker) untuk menjual sejumlah saham tertentu. KOS yang diperdagangkan di BEI adalah opsi tipe Amerika, yang artinya memberikan kesempatan kepada taker untuk melaksanakan haknya setiap saat hingga waktu jatuh tempo. 

Adapun spesifikasi Kontrak Opsi Saham yang diperdagangkan di BEI adalah sebagai berikut :

TRANSAKSI EXERCISE-ASSIGNMENT

Model Exercise/Assignment yang digunakan adalah American Style, dimana AK dapat melakukan Exercise selama kontrak belum jatuh tempo. Permohonan Exercise hanya dapat dilakukan oleh Taker, dan pelaksanaannya melalui sistem kliring dan penyelesaian derivatif yang dapat dilakukan selama jam perdagangan sesi 1 berlangsung. Setelah jam perdagangan sesi 1 selesai, KPEI akan melakukan eksekusi atas pelaksaan Exercise yang telah dilakukan oleh Taker sepanjang jumlah posisi Long yang dimiliki minimal sama dengan jumlah posisi permohonan Exercise yang telah dilakukan oleh AK sebelumnya. Setelah itu KPEI akan menentukan pasangannya secara random. Hasil Exercise/Assignment ini dapat dilihat oleh AK di sistem kliring dan penyelesaian derivatif selama sesi 2 berlangsung dan di Dokumen Hasil Kliring (DHK) Kontrak Berjangka dan Opsi yang akan diberikan pada T+0.  

KLIRING TRANSAKSI KONTRAK OPSI SAHAM

Proses kliring transaksi kontrak opsi saham dilakukan secara netting untuk setiap portofolio AK dan nasabahnya atas posisi kontrak, margin, exercise/assignment, dan premium. Hasil kliring yang sudah dilakukan KPEI, akan menghasilkan dokumen yang bernama DHK Kontrak Berjangka dan Opsi. DHK tersebut dapat diakses oleh AK pada pukul 19.30 WIB setiap hari bursa yang sama dilaksanakannya transaksi Opsi Saham.  KPEI menggunakan sistem berbasis web dalam menjalankan proses kliring dan penyelesaian transaksi kontrak opsi saham. Sistem ini mempunyai kemampuan untuk menyediakan informasi hasil kliring dari level AK sampai dengan level nasabah serta dapat diakses secara online oleh AK.

Untuk Peraturan KPEI yang mengatur tentang kliring transaksi Kontrak Opsi Saham dapat klik di sini.

SIMULASI PERHITUNGAN HAK DAN KEWAJIBAN TRANSAKSI KONTRAK OPSI SAHAM :