Kontrak Opsi Saham - Keanggotaan dan Stuktur Rekening

‚ÄčPartisipan yang dapat melakukan pesanan, transaksi, kliring sampai dengan penyelesaian untuk transaksi kontrak opsi saham adalah Anggota Kliring (AK) yang memenuhi persyaratan BEI dan KPEI. Untuk menjadi AK, calon partisipan diwajibkan menandatangani perjanjian keanggotaan dan aplikasi pendaftaran yang telah tersedia di website KPEI.

Ketentuan bagaimana menjadi AK KPEI, calon partisipan dapat klik di sini serta tersedianya aturan yang menjelaskan persyaratan keanggotaan dapat dilihat pada Peraturan KPEI Nomor II-3 tentang Anggota Kliring

Jenis rekening yang harus dibuka oleh AK maupun nasabahnya untuk penyelesaian transaksi Opsi Saham sama seperti pada transaksi Kontrak Berjangka. Yang artinya, satu rekening dapat digunakan untuk dua transaksi derivatif sekaligus yakni Kontrak Berjangka dan Kontrak Opsi Saham. Rekening yang dibuka oleh AK antara lain Rekening Dana Pengaman Kontrak Berjangka dan Opsi, Rekening Jaminan Kontrak Berjangka dan Opsi, Rekening Penyelesaian Kontrak Berjangka dan Opsi, serta Rekening Operasional Kontrak Berjangka dan Opsi. Sedangkan, bagi nasabah AK wajib membuka Sub Rekening Jaminan Kontrak Berjangka dan Opsi. Rekening-rekening tersebut wajib dikuasakan kepada KPEI. 

Gambar Struktur Rekening Efek