Kontrak Berjangka - Keanggotaan dan Struktur Rekening

Partisipan yang dapat melakukan order, transaksi, kliring sampai dengan proses penjaminan penyelesaian untuk transaksi kontrak berjangka adalah Anggota Kliring (AK), baik untuk kepentingan pesanan AK bersangkutan maupun nasabahnya.  

Untuk ketentuan bagaimana menjadi Anggota Kliring KPEI, dapat klik di sini. Sedangkan aturan yang menjelaskan tentang persyaratan keanggotaan KPEI dapat mengakses Peraturan KPEI Nomor II-3 tentang Anggota Kliring.

Terkait penyelesaian transaksi Kontrak Berjangka, KPEI membuka beberapa rekening di Bank Pembayar atas nama AK, yaitu Rekening Dana Pengaman Kontrak Berjangka dan Opsi, Rekening Jaminan Kontrak Berjangka dan Opsi, serta Rekening Penyelesaian Kontrak Berjangka dan Opsi.  Selain ketiga rekening tersebut, AK juga wajib memiliki Rekening Operasional Kontrak Berjangka dan Opsi untuk didaftarkan ke KPEI sebagai rekening tujuan penerimaan hak terima dana. Sementara itu, bagi nasabah AK, diwajibkan untuk membuka rekening pada Sub Rekening Jaminan Kontrak Berjangka dan Opsi, Sub Rekening Efek, dan Rekening Dana Nasabah. Namun, bagi nasabah yang telah terdaftar dan pernah bertransaksi efek bersifat ekuitas, cukup membuka Sub Rekening Jaminan Kontrak Berjangka dan Opsi.

Gambar Struktur Rekening Efek