Komite Haircut

Berdasarkan Peraturan Bapepam-LK Nomor V.D.5 tentang Pemeliharaan Dan Pelaporan Modal Kerja Bersih Disesuaikan, KPEI diwajibkan membentuk Komite Haircut untuk menentukan haircut Efek Bersifat Ekuitas atau Efek Beragun Aset Arus Kas Tidak Tetap yang tercatat di Bursa Efek di Indonesia dan Reksa Dana yang Unit Penyertaannya Diperdagangkan di Bursa Efek sebagai faktor pengurang nilai pasar wajar Efek dimaksud yang diperhitungkan dalam Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) dan agunan Anggota Bursa.

Keanggotaan haircut terdiri atas 11 (sebelas) orang anggota dengan 1 (satu) orang merangkap sebagai koordinator sekaligus anggota dengan persyaratan keanggotaan yang telah ditentukan. Komposisi Anggota Komite Haircut terdiri atas 5 perwakilan SRO dengan jabatan Direktur, 5 perwakilan dari Anggota Kliring dengan jabatan 5 Direktur dan 1 perwakilan yang merupakan profesional/praktisi yang berkompeten dalam melakukan penilaian.

Tugas dan Tanggung Jawab Komite Haircut:

  1. Menetapkan penyusunan kriteria dan model (formula) penentuan Haircut Efek Bersifat Ekuitas atau Efek Beragun Aset Arus Kas Tidak Tetap yang tercatat dan akan tercatat (listing) di Bursa Efek di Indonesia dan Reksa Dana yang Unit Penyertaannya Diperdagangkan di Bursa Efek.
  2. Menetapkan besarnya Haircut Efek Bersifat Ekuitas atau Efek Beragun Aset Arus Kas Tidak Tetap yang tercatat dan akan tercatat di Bursa Efek di Indonesia dan Reksa Dana yang Unit Penyertaannya Diperdagangkan di Bursa Efek;
  3. Mengumumkan besarnya Haircut Efek sebagaimana dimaksud pada butir 2) pada laman (website) KPEI selambat-lambatnya 1 (satu) hari Bursa sebelum efektif diberlakukan.
  4. Pengumuman untuk besarnya Haircut Efek Bersifat Ekuitas atau Efek Beragun Aset Arus Kas Tidak Tetap dan Reksa Dana yang Unit Penyertaannya Diperdagangkan di Bursa Efek yang akan tercatat (listing) di Bursa Efek di Indonesia pada laman (website) KPEI, dilakukan selambatlambatnya 1 (satu) hari Bursa sebelum dicatatkan (listing) di Bursa Efek di Indonesia.

Anggota Komite Haircut KPEI : 

No Name Company
1  Budi Susanto  PT Danareksa Sekuritas
2  Edwin J. Sebayang  Profesional (Praktisi)
3  John CP Tambunan  PT Citigroup Sekuritas Indonesia
4  Lisana Irianiwati  PT Mandiri Sekuritas
5  Riza Rachbini  PT Morgan Stanley Sekuritas Indonesia
6  Rudy Utomo  PT Evergreen Sekuritas Indonesia
7  Kristian S. Manullang  PT Bursa Efek Indonesia
8  Laksono W. Widodo  PT Bursa Efek Indonesia
9  Syafruddin  PT Kustodian Sentral Efek Indonesia
10  Iding Pardi  PT Kliring Penjaminan Efek Indoesia
11  Umi Kulsum  PT Kliring Penjaminan Efek Indoesia