KLIK

Knowledge and Learning for Innovation at KPEI atau sering disebut dengan KLIK adalah salah satu strategi untuk menjaga keberlangsungan pengetahuan data atau informasi (information knowledge) secara berkelanjutan yang dimiliki oleh seluruh karyawan maupun manajemen KPEI yang bertujuan untuk meningkatkan layananannya kepada pengguna jasa. 

Data atau informasi Perusahaan merupakan aset yang penting, sehingga perlu dikelola secara tepat dan aman. KPEI membuat sebuah wadah yakni Knowledge Management Portal (KM Portal) sebagai media dalam menyimpan atau mendistribusikan informasi.  KM Portal adalah suatu aplikasi berbentuk web yang merupakan sarana utama bagi pelaku KLIK (disebut sebagai KLIK’ers) untuk dapat melakukan proses siklus KM seperti sharing, retrieval, validation, application, documentation dan renewal. Budaya untuk selalu berbagi informasi yang biasanya dilakukan secara lisan dapat dituangkan dalam bentuk tulisan maupun gambar melalui media KM Portal. Segala informasi baik yang berhubungan dengan kegiatan operasional bisnis KPEI maupun kegiatan lain seperti ketrampilan dan keahlian yang dimiliki seluruh karyawan dapat disampaikan di sini.

Agar pelaksanaan KLIK berjalan secara optimal, dibutuhkan beberapa pihak yang memiliki komitmen tinggi yang secara sukarela atas asas kemanfaatan untuk menggerakkan dan menjalankankannya. Untuk itu, Perusahaan membentuk struktur kepengurusan KLIK melalui Surat Keputusan Direksi, yang tersaji di bawah ini:
 

                            

Adapun tema KLIK yang digunakan KPEI dalam memotivasi seluruh manajemen maupun karyawan untuk selalu berbagi pengetahuan adalah “KM KITA”. KM KITA merupakan rangkaian kata dari KLIKérs, Innovation, Technology dan Awareness. Berikut penjelasan dari masing-masing kata yang membentuk tulisan KM KITA:

•    KLIK’ers adalah motor penggerak KM KPEI dan KM KPEI merupakan manifestasi bagi KLIK’ers,
•    Innovation menggambarkan bahwa KM KPEI tidak akan berhenti belajar dan melakukan perbaikan ke arah yang lebih baik,
•    Technology mencerminkan bahwa KM KPEI selalu mengandalkan technology dan menempatkan KM Portal sebagai sarana dan repository semua aktivitas KM,
•    Awareness menggambarkan bahwa KM KPEI adalah milik KLIK’ers, sehingga KLIK’ers mempunyai kewajiban untuk selalu mengembangkan KM.

Dalam merealisasi budaya berbagi informasi, dibentuk juga komunitas-komunitas yang membahas kegiatan tertentu, seperti komunitas untuk membahas manajemen risiko, komunitas berinvestasi, komunitas yang terkait dengan ketrampilan atau kesamaan hobi, dan lainnya. Beberapa komunitas tersebut dibuatkan wadah yang bernama Community of Practice (CoP). Masing-masing CoP memiliki pengurus sendiri-sendiri, yang pemilihannya ditawarkan kepada kayawan yang mempunyai minat dan keahlian pada obyek tertentu serta memiliki keinginan untuk berbagi pengetahuan. Beberapa CoP yang saat ini tersedia dan aktif dijalankan diantaranya adalah :

  1. CoP Manajemen Risiko (CoPMarko), membahas topic seputar manajemen risiko, mulaii pengetahuan dasar manajemen risiki, risiko operasional, manajemen risiko di KPEI, system manajemen risiko dan manajemen risiko korporat.
  2. CoP Investasi (CoPIN), membahas tentang teori investasii, pilihan portfolio dalam berinteraksi dan produk investasi
  3. ​CoP Hobby :
    1. CoP Bahasa, yakni Bahasa Inggris dengan mempelajari grammar, vocabulary, english conversation, writing dan listening.
    2. CoP Fotografi, mempelajari tentang teknik dasar fotografi, perangkat fotografi dan seni fotografi.
    3. CoP Olahraga, dengan menyediakan olahraga cabang futsa, bulutangkis, tenis, tenis meja dan squash.
    4. CoP Seni (CoP Art Station-CoPAS), terdiri dari seni musik dan seni tari.