ETP - Kliring

Dalam menghitung nilai hak dan kewajiban perdagangan ORI yang dilakukan melalui ETP, KPEI menggunakan metode kliring per-transaksi. Metode ini digunakan untuk menyesuaikan tahap pertama pengembangan ETP dengan kondisi pasar over the counter (OTC) yang bersifat trade-for-trade (TFT).
Adapun perhitungan nilai hak dan kewajiban yang dilakukan KPEI dengan cara sebagai berikut:

Definisi:

  • Clean Price: adalah nilai transaksi ORI dimana belum termasuk perhitungan accrued interest, yang disepakati oleh Partisipan ETP melalui sistem ETP BEI.
  • Volume: adalah jumlah ORI yang ditransaksi oleh Partisipan ETP
  • Accrued Interest: adalah dana yang menjadi hak penjual atas kupon berjalan berdasarkan tanggal pembayan kupon obligasi tersebut. 
  • Tax Value: adalah nilai pajak yang dihitung secara manual oleh Partisipan ETP diluar sistem ETP e-BOCS, dan mengurangi nilai hak terima ataupun kewajiban serah partisipan sehingga mempermudah proses penyelesaian dana. Nilai pajak ini tidak wajib untuk diisi karena untuk mengakomodasi Partisipan ETP menjadi objek pajak final. 

Dalam menjalankan proses kliring, KPEI menggunakan sistem Electronic Trading Platform - Electronics Bond Clearing System (ETP e-BOCS) yang berbasis web. Sistem ini menyediakan informasi hasil kliring berupa Laporan Hasil Kliring (LHK) dan Daftar Hasil Kliring (DHK). Bila AK-ETP melakukan penyelesaian langsung di BI-SSSS maka AK-ETP hanya mendapatkan LHK dari ETP e-BOCS. Untuk AK-ETP yang melakukan penyelesaian transaksi di C-BEST KSEI, maka proses kliring dilanjutkan ke proses konfirmasi dan atau afirmasi untuk menerima Instruksi Penyelesaian dan DHK.

Untuk Peraturan KPEI yang mengatur tentang kliring perdagangan ORI melalui ETP dapat klik di sini.