DERIVATIF

  • Penyelesaian terhadap seluruh transaksi yang dilakukan melalui Bursa Efek Indonesia dan dikategorikan transaksi bursa akan dijamin oleh KPEI berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 26/POJK.04/2014 tentang Penjaminan Penyelesaian Transaksi Bursa.

  • Setiap investor dapat bertransaksi KOS melalui Perusahaan Efek yang telah terdaftar menjadi Anggota Bursa dan Anggota Kliring KOS pada BEI dan KPEI dengan memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan.

  • Untuk transaksi KOS belum menggunakan SID sehingga pencatatan portfolio nasabah dilakukan oleh masing-masing Angota Kliring (AK).

  • KPEI menerbitkan DHK untuk transaksi KOS setiap hari setelah pukul 16.30 WIB.

  • Investor dapat melakukan penutupan kontrak yang masih terbuka dengan beberapa cara, yaitu dengan memasukkan transaksi baru yang dapat menutup posisi kontrak tersebut (berkebalikan) atau  menunggu hingga periode kontrak jatuh tempo.

  • Penyelesaian terhadap seluruh transaksi yang dilakukan melalui BEI dan dikategorikan transaksi bursa akan dijamin oleh KPEI berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 26/POJK.04/2014 tentang Penjaminan Penyelesaian Transaksi Bursa.

  • Setiap investor dapat bertransaksi KB melalui Perusahaan Efek yang telah terdaftar menjadi Anggota Bursa dan Anggota Kliring KB pada BEI dan KPEI dengan memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan.

  • Untuk transaksi KB memerlukan SID yang sama dengan SID yang digunakan untuk bertransaksi saham sehingga investor tidak perlu membuat SID baru jika sebelumnya telah memiliki SID untuk transaksi saham.

  • Biaya transaksi dan biaya kliring dibedakan berdasarkan underlying KB yang diperdagangkan di Bursa saat ini. 
    a) Underlying LQ45
    Berdasarkan Peraturan BEI No.II-E tentang Perdagangan Kontrak Berjangka Indeks Efek (KBIE) LQ-45 dijelaskan bahwa biaya transaksi sebesar Rp.3.000 (tiga ribu rupiah) (tidak termasuk biaya kliring dan settlement) yang dihitung berdasarkan frekuensi transaksi yang bersangkutan. Sedangkan berdasarkan Peraturan KPEI No.III-2 tentang Kliring dan Penjaminan Penyelesaian Transaksi Kontrak Berjangka Indeks Efek dijelaskan bahwa biaya kliring dan penjaminan penyelesaian sebesar Rp.2.000 (dua ribu rupiah) yang dihitung berdasarkan frekuensi transaksi.
    b) Underlying SUN
    Berdasarkan Peraturan BEI No.II-M tentang Perdagangan Kontrak Berjangka Surat Utang Negara dijelaskan bahwa biaya transaksi sebesar Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah) (tidak termasuk biaya kliring dan settlement) yang dihitung per jumlah kontrak yang ditransaksikan. Sedangkan berdasarkan Peraturan KPEI No.III-3 tentang Kliring dan Penjaminan Penyelesaian Transaksi Kontrak Berjangka Surat Utang Negara dijelaskan bahwa biaya kliring dan penjaminan penyelesaian sebesar Rp 5.000 (lima ribu rupiah) yang dihitung berdasarkan jumlah kontrak yang ditransaksikan oleh AK bersangkutan.
    Selain itu, dalam Peraturan KPEI tersebut juga mengatur adanya kontribusi dana jaminan yang besarannya 0,0006% (enam per satu juta) dari nilai transaksi KB.
  • Investor dapat melakukan penutupan kontrak yang masih terbuka dengan beberapa cara, yaitu dengan memasukkan transaksi baru yang dapat menutup posisi kontrak tersebut (berkebalikan) atau  menunggu hingga periode kontrak jatuh tempo.